2. Gambar ragam hias Garis

Menggambar ragam hias garis

Garis adalah salah satu unsur  karya seni rupa, dapat kita jadikan sebagai elemen dasar  membuat ragam hias ataupun menggambarkan sesuatu bentuk-bentuk geometris seperti segi tiga, lingkaran, segi empat yang pada dasarnya terbentuk dari garis.

Diantara garis yang dapat kita jadikan sebagai bahan dasar menggambar hiasan/motif, adalah : garis lurus, garis lengkung, garis putus-putus, garis patah-patah.

Dalam pembelajaran seni budaya (rupa) di kelas VII kita perlu melatihkan pada anak didik kita tentang unsur seni rupa ini.

Dengan menggambar garis, diharapkan siswa akan terlatih imajinasinya, kreativitasnya, memahami karakteristik masing-masing garis sehingga nantinya mereka dapat menerapkannya pada sesuatu karya yang memerlukan motif hiasan.

Mintalah siswa membuat bidang-bidang persegi empat       pada kertas gambar ukuran 21X28 Cm (letter) sebanyak 20 kotak @=5×5 Cm

Selanjutnya anak didik kita mengisi masing-masing kotak dengan aneka garis menggunakan spidol kecil warna pilih satu saja misalnya biru tua atau hitam

Setiap kotak tidak boleh ada yang sama bentuknya, tidak boleh sama/meniru orang lain. Jika ada 36 siswa maka bedalah semua gambar pada kotaknya tetapi yang sama hanya unsur-unsur gambarnya saja yaitu garis lurus, lengkung, patah, putus-putus, titik-titik.

Karyanya dapat kita lihat pada contoh karya siswa kelas VII SMP Negeri 14 Depok

1. Karya Kelas VII.1


2. Karya Kelas VII.2

3. Kelas VII.4

1. Contoh lain Karya siswa kelas VII, menggambar motif hias (Motif garis dan geometris)

2. Download Sampel Gambar karya Kelas VII.1 s.d VII.9

42 Balasan ke 2. Gambar ragam hias Garis

  1. rishma riyasa berkata:

    nice.. pasti senang ya pak melihat hasilnya :))

      • rio berkata:

        pengertian ragam hias/lis itu apa pak?

        • sub14han berkata:

          Ragam hias adalah bentuk dasar hiasan yang biasanya akan menjadi pola yang diulang-ulang dalam suatu karya kerajinan atau seni. Karya ini dapat berupa tenunan, tulisan pada kain (misalnya batik), songket, ukiran, atau pahatan pada kayu/batu. Ragam hias dapat distilisasi (stilir) sehingga bentuknya bervariasi. (motif flora fauna, manusia, bentuk geometris /lingkaran, persegi empat, segi tiga dll)
          Variasi ragam hias biasanya khas untuk suatu unit budaya pada era tertentu, sehingga dapat menjadi petunjuk bagi para sejarahwan atau arkeolog.

        • sub14han berkata:

          Ragam hias merupakan karya seni rupa yang diambil dari bentuk-bentuk flora, fauna, figuratif, dan bentuk geometris. Ragam hias tersebut dapat diterapkan pada media dua dan tiga dimensi.

          1. Ragam Hias Flora

          Flora sebagai sumber objek motif ragam hias dapat dijumpai hampir di seluruh pulau di Indonesia. Ragam hias dengan motif flora mudah dijumpai pada barang-barang seni seperti batik, ukiran, dan tenunan.

          2. Ragam Hias Fauna

          Ragam hias fauna merupakan bentuk gambar motif yang diambil dari hewan tertentu. Hewan pada umumnya telah mengalami perubahan bentuk atau gaya. Beberapa hewan yang biasa dipakai sebagai objek ragam hias adalah kupu-kupu, burung, kadal, gajah, dan ikan.

          Ragam hias motif fauna telah mengalami deformasi namun tidak meninggalkan bentuk aslinya. Ragam hias fauna dapat dikombinasikan dengan motif flora dengan bentuk yang digayakan.

          Motif ragam hias daerah di Indonesia banyak menggunakan hewan sebagai objek ragam hias. Daerah-daerah tersebut seperti Yogyakarta, Bali, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Motif ragam hias tersebut dapat dijumpai pada hasil karya batik, ukiran, anyaman, dan tenun.

          3. Ragam Hias Geometris

          Ragam hias geometris merupakan motif hias yang dikembangkan dari bentuk-bentuk geometris dan kemudian digayakan sesuai dengan selera dan imajinasi pembuatnya. Gaya ragam hias geometris dapat dijumpai di seluruh Indonesia, seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

          Ragam hias geometris dapat dibuat dengan menggabungkan bentuk-bentuk geometris ke dalam satu motif ragam hias.

          4. Ragam Hias Figuratif

          Bentuk ragam hias figuratif berupa objek manusia yang digambar dengan mendapatkan penggayaan bentuk. Ragam hias figuratif biasanya terdapat pada bahan tekstil maupun bahan kayu, yang proses pembuatannya dapat dilakukan dengan cara menggambar.

  2. karyanya bagus semua, saya jadi pengen deh pinter gambar, ada yang mau ngajarin saya gak ya……………..?

  3. bintang berkata:

    keren…aseli.

  4. muntoro toro berkata:

    aku suka yu bisa pamer karya anak-2………………emang yang penting anak berlatih berkarya………………. .qt hargai karya dia …………..banggalah anak-2 karyanya dipajang

  5. affan berkata:

    bagus gambarnya bisa di pelajari lagi

  6. verlina asti berkata:

    itu kelas 7 semua iya powww pakkk

    • sub14han berkata:

      ya kelas VII harus diberi dasar ragam hias, setiap siswa karyanya gak ada yang sama kita hanya mengarahkan unsurnya sama yaitu garis lurus, patah, putus-putus, titik-titik bentuk geometris (lingkaran, persegi dll, setiap kotak gak ada yang sama)

  7. ddddiiiiiiiiiiiiiffffaaa berkata:

    geje banget sihh
    lebih dikembangkan lagi y pak:)

    • sub14han berkata:

      Ya lebih dikembangkan lagi setuju… karena saya akan tampilkan/scan karya siswa meski karyanya kurang bagus… karena bukan karyanya yang terpenting mereka sudah berani membuat karya itu jauh lebih penting, Tks yach

  8. angelina eldina mayasari berkata:

    thanks ya atas gambarnya
    gambarnya bagus banget
    buat org terinspirasi

  9. anton herm berkata:

    wups,… udah pada jago-jago anak2 sekarang. semoga bisa lebih didukung dan dikembangkan lagi keahliannya. juga agar bisa tembus ke pasar international.

  10. terima kasih atas sharingnya

  11. UNTUNG MULANI berkata:

    Maaf kang sy ambil contoh gambar

  12. elisa berkata:

    i like it…. terimakasih sudah mau berbagi ilmu kepada kami pak……….

  13. Nadila Audina berkata:

    thanks , tentan gambarnya

  14. thanks , buat infonya yah ….
    karyanya is the best ..

Tuliskan Komentar anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s