Industri Kreatif

Bagi kamu yang masih bingung mau jadi apa yach saya nanti, jangan bingung… mulailah lakukan pemetaan dan pasang niat untuk menuju ke arah industri kreatif, insya Allah kamu akan hidup layak, kreatif, inovatif, kalau bicara didengar orang, dimanapun kamu berada mungkin akan dicari orang karena mereka butuh kreatif-mu.

Orang lain sudah lebih dulu melakukan aksi kreatif untuk mencukupi alat keperluan hidupnya, makanya mereka hidup dalam kecukupan dan secara ekonomi sangat berdaya.

Jika kita kuat ekonomi… ibadah enak, mau sedekah bisa dan sebagainya.

apasih industri kreatif itu ?

Industri Kreatif

Dapat didefinisikan sebagai industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu yang menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu tersebut.

Industri kreatif di berbagai dunia saat ini diyakini dapat memberikan kontribusi bagi perekonomian bangsanya secara signifikan. Indonesiapun mulai melihat bahwa sektor industri kreatif ini merupakan sektor industri yang potensial.

Hingga saat ini, Departemen perdagangan RI telah mencatat 15 cakupan kelompok ekonomi kreatif

  1. Jasa Periklanan
  2. Arsitektur
  3. Seni rupa
  4. Kerajinan
  5. Desain
  6. Mode (fesyen)
  7. Film
  8. Musik
  9. Seni Pertunjukan
  10. Penerbitan
  11. Riset dan pengembangan
  12. Piranti Lunak (Software)
  13. Televisi dan Radio
  14. Mainan
  15. Video game

Dari pemetaan tersebut, bagi kamu yang bingung mau bergerak di bidang apa? Cobalah arahkan keterampilanmu pada 1, 2, 3 dst  dari 15 pilihan tersebut yang penting cocok dengan kemampuanmu kemudian diprofesionalkan, carilah ilmunya, carilah ahlinya, selalulah berkata dalam hati: “ Siapa yang sungguh-sungguh pasti dapat”.

 Lihatlah betapa hebatnya (dalam arti bidangnya) orang-orang yang bergerak di entertainmen, senetron, film, musik… hidup dan kehidupannya secara ekonomi lebih baik daripada  yang menekuni bidang lainnya.

 Ayolah selagi masih muda dan banyak ide… lakukanlah  mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu tersebut sampai benar-benar profesional.

Di bawah ini akan saya  uraikan sub-sub bidang apa saja yang dapat kita jadikan untuk lapangan pekerjaan kita nanti, jika anda sudah ahli di bidangnya orang akan mencari-cari kita, uang akan datang sendiri menghampiri kita karena kreatif  kita dibutuhkan orang.

1.1   PERIKLANAN

Periklanan (komunikasi satu arah dengan menggunakan medium tertentu), yang meliputi proses kreasi , produksi dan distribusi dari iklan yang dihasilkan, misalnya riset pasar, perencanaan komunikasi iklan, iklan luar ruang, produksi materi iklan, promosi, kampanye relasi publik, tampilan iklan di media cetak, (surat kabar, makalah) dan elektronik (Televisi dan radio), pemasangan berbagai poster dan gambar, penyebaran selebaran, pamplet, edaran, brosur dan reklame sejenis, distribusi dan delivery advertising material atau sampel, serta penyewaan kolom iklan.

2.1 Arsitektur (bersambung…)

Tentang sub14han

Saya Guru Seni Budaya SMP Negeri 14 Depok
Pos ini dipublikasikan di Dunia Kreatif. Tandai permalink.