Pedoman tata nama kimia

Dalam karya tulis terkadang ada penulisan kimia dan harus benar tata penulisan istilahnya, nah ini ada panduan untuk tata nama kimia tersebut

PEDOMAN KHUSUS TATA  ISTILAH DAN TATA NAMA KIMIA

Penerbit: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Jakarta 1984

PRAKATA

Peristilahan dalam bahasa Indonesia untuk berbagai bidang ilmu dan teknologi perlu dikembangkan dan dibakukan terus-menerus sejalan dengan perkembangan bahasa Indonesia, ilmu, dan teknologi. Pedoman Khusus Tata Istilah dan Tata Nama Kimia disusun oleh Dr. A. Hadyana Pudjaatmaka dan Prof. Dr. Soekeni Soedigdo untuk dijadikan sarana bantu bagi usaha pengembangan dan pembakuan peristilahan, khususnya peristilahan kimia dalam bahasa Indonesia.
Pedoman ini, yang semula disusun dalam rangka kerja sama kebahasaan antara Indonesia dan Malaysia melalui Sidang Majelis Bahasa Indonesia Malaysia, yaitu Sidang XIV, XV, dan XVI, telah disahkan dan disetujui dalam Sidang XVII Majelis Bahasa Indonesia-Malaysia di Kuala Lumpur bulan Agustus 1981 untuk diterbitkan dan disebarluaskan.
Kepada Pemimpin Proyek Pengembangan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah, para anggota Subpanitia Kimia, dan semua pihak yang telah memungkinkan terlaksananya penerbitan buku ini, saya sampaikan terima kasih yang tak terhingga. Mudah-mudahan buku pedoman ini bermanfaat bagi usaha pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia, khususnya dalam bidang Kimia.
Amran Halim
Kepala Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa selaku Ketua Panitia Kerja Sama Kebahasaan Indonesia-Malaysia

Baca selengkapnya

Tentang sub14han

Saya Guru Seni Budaya SMP Negeri 14 Depok
Pos ini dipublikasikan di Karya Tulis. Tandai permalink.