GURU BER-TIK ALA DETOS

        Lihat kabar di Guraru.org

Depok, Depok Cyber Community bekerjasama dengan Disdik Kota Depok dan disponsori oleh Giant Computer menyelenggarakan Pelatihan TIK Geratis untuk 1500 guru setiap hari Selasa, Rabu dan Kamis, pukul 14.00 – 15.30 dan 15.30 – 17.30 WIB mulai Juli – Desember 2012 (6 bulan) di Gedung Detos (Depok Town Square) Lantai 2 samping TimeZone, Margonda Raya Kota Depok Jawa Barat.

               Belum semua guru di sekolah-sekolah Indonesia menguasai TIK, meskipun banyak diantara guru di setiap sekolah tersebut ada guru yang sudah mahir menguasai TIK, namun kenyataannya tidak semua yang mampu tersebut mau berbagi ilmu dengan rekannya dengan alasan tidak ada waktu, temannya tidak mau belajar, temannya tidak mau berubah, sekolah tidak memfasilitasi, banyak guru yang sudah berumur kurang minat ber-TIK, yang lainpun belum, nanti saja, tidak ada dana untuk kegiatannya, ingin belajar tapi malu dan silakan tambahkan oleh pembaca alasan lain mengapa banyak guru belum ber-TIK.

              Pelatihan ini diselenggarakan untuk menjawab permasalahan tersebut dan membantu guru-guru Kota Depok yang ingin menguasai TIK dengan pilihan materi sebagai berikut:
1. Basic utama (Ms. Word, Ms. Excel, Powerpoint dasar dan Slide master)
Target: Guru mampu mengetik sendiri administrasi guru dan mampu membuat presentasi materi ajar untuk ditampilkan di kelas.
2. Middle (Internet dasar, Email, Membuat Blog guru dengan WordPress atau Blogspot)
Target: Guru mampu browsing dengan internet, memiliki email, mampu mengirim dan mengupload file lewat email serta mampu membuat Blog dengan WordPress atau Blogspot)
3. Untuk kemudahan peserta dalam memahami materi, disediakan file Video Tutorial powerpoint dasar, powerpoint slide master berikut bahan latihan, serta video tutorial membuat blog dengan wordpress dan blogspot. Contoh Video Tutorialnya

                  Peserta guru SMP, SMA-SMK daftar lewat online di depok-cyber.com, jika belum mengerti dibantu pendaftarannya oleh Guru TIK sekolahnya masing-masing, caranya download formulir pendaftarannya lalu diprintout dans ebarkan ke guru yang berminat, selanjutnya calon peserta mengisi formulirnya , formulir dikumpulkan oleh guru TIK untuk didaftarkan lewat online dan bagi guru TK, SD melalui UPT Kecamatan masing-masing dan telah disosialisasikan oleh Ka Disdik Kota Depok ketika Kepala sekolah se kota Depok berkumpul dan pihak pengurus Depok cyber Community menjemput formulir yang telah diisi oleh peserta ke UPT, selanjutnya panitia pelaksana akan menjadwalkan peserta sesuai materi pilihan dan hari yang dipilih calon peserta pelatihan.

                  Peserta datang sendiri ke Detos Margonda Lantai 2 sesuai jadwal membawa Laptop/netbook, duduk di kursi-meja yang telah disediakan. Peserta mengcopy file bahan latihan ke hardisk masing-masing melalui plashdisk dibantu instruktur dan asisten instruktur. Selanjutnya instruktur dan asisten instruktur memandu peserta langkah demi langkah melalui tayangan di layar LCD proyektor dan jika ada peserta yang belum mengerti asisten instruktur 6 siswa SMK terpilih siap memandu peserta hingga materi dapat dikuasai.

                      “Sesuai semboyan Depok Cyber Community : “Dari guru oleh guru dan untuk Guru”, maka instruktur pelatihan adalah relawan guru SMP Kota Depok yang mau dan mampu menguasai materi pelatihan serta 1 instruktur tetap dan 6 asisten instruktur yang selalu diminta Standby oleh Pengurus untuk membantu kelancaran pelatihan”. Tambah Rudi malau.

                  Rudi Malau adalah Direktur Giant Computer Kota Depok, sebelum kegiatan Depok Cyber Community menjadi sponsor pelatihan Smart notebook (layar sentuh) untuk Guru Kota Depok sekaligus Lomba Smartnotebook /layar sentuh menggunakan asisten proyektor/vimeo dan software smartnotebook dan sukses acaranya sehingga semua SMP Negeri Kota Depok mempunyai vimeo dan mampu menggunakan smartnotebook.

                 “Pelatihan ini dapat menjadi sarana sharing ilmu TIK yang sangat positif: peserta dengan peserta, peserta dengan instruktur dan sungguh peserta menjadi nyaman berlatih karena ruangnya luas bersih dan terang, Ber-AC, ada kursi dan meja untuk 50 Peserta, layar proyektor, LCD Proyektor, Laptop di meja instruktur, jaringan Listrik dan Wifi yang semuanya disediakan oleh Giant Computer dalam rangka kepedulian Giant Computer terhadap kemajuan pendidikan khususnya SDM Guru SD, SMP, SMA/SMK di kota Depok yang ingin menguasai TIK, Teknik penjadwalan/ waktu pelatihan dan materi pelatihan dapat dilihat di depok-cyber.com”. Tambah Rudi malau.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Iklan

Tentang sub14han

Saya Guru Seni Budaya SMP Negeri 14 Depok
Pos ini dipublikasikan di Dunia Guru, Kegiatan, TIK. Tandai permalink.

3 Balasan ke GURU BER-TIK ALA DETOS

  1. Rudi berkata:

    Selamat menulis tentang Depaok Cyber Community pak Subhan, semoga guru-guru depok terinspirasi menjadi guru yg berbasiskan TIK agar dapat terus berinovasi dan bersinergi,,,,

Komentar ditutup.