Kirim File Lewat Facebook (FB+GoogleDrive)

FBDRIVEKirim file  ke banyak teman bisa kita lakukan dengan banyak cara (BANYAK JALAN MENUJU PULANG KE RUMAH), umumnya lewat email. Jika teman banyak  harus ketik alamat akun email teman  di kolom CC: …,…,…,…, dst. Kalau kita hafal akun email ya gak apa-apa tapi kalau gak hafal coba kita minta tolong kepada FB dan google drive. Google drive adalah fasilitas google (setiap akun gmail yang kita punya menyediakan gratis hardisk 15 GB). Salah satu kelebihan lainnya google drive adalah kita bisa membuat tes online seperti kirim cerita, kirim tugas siswa, angket dll yang hasilnya jika ada siswa yang kirim tugas,  google drive sudah merekapnya di spreedsheet yang bisa kita convert ke excel secara otomatis, lengkap dengan tanggal, dan waktu kirimnya lihat contoh hasilnya disini. Wah enak sekali jadi guru yang mau memanfaatkan google drive ini, dimanjakan dan dimudahkan.

Sayang jika kita tidak memanfaatkannya, tapi ingat file yang dikirim adalah file yang bisa dimaafkan oleh semua orang (file positif). Jangan file yang negatif yach… ingat setiap kita harus punya imun dan iman diri untuk menghadapi bahaya internet. Internet itu ibarat hutan belukar: ada harimau, ada singa, ada gajah, ada cacing, ada megaloman, ada-ada saja dst. Jika kita sudah punya imun dan iman sebuas apapun internet bisa kita taklukan. Mari berinternet sehat dan mencerdaskan.

Caranya file kita simpan dulu di google drive selanjutnya kita akan diberi link oleh google alamat file yang kita simpan tersebut. Nah link itulah yang kita copy-paste-kan di status FB kita. supaya tambah jelas ikuti Video Tutorial ini yang menjelaskan bagaimana membuat folder di google drive, menyimpan file di google drive, membuat link di google drive dan mengawinkan google drive dengan FB.

//

Tentang sub14han

Saya Guru Seni Budaya SMP Negeri 14 Depok
Pos ini dipublikasikan di Dunia Kreatif, TIK, Tutorial dan tag , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Kirim File Lewat Facebook (FB+GoogleDrive)

Komentar ditutup.