Renungan

1. MENUJU GURU YANG MELEK TIK

Menjadi guru di era baru sangat berat  jika menghindari Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). TIK sangat membantu dalam kelancaran tugas-tugas guru misalnya membuat rekap nilai, mail merger nilai raport sementara, media pembelajaran dsb.  betapa repotnya bila guru mengajar banyak kelas dan nilainya ditulis tangan/manual perlu beberapa hari menyelesaikannya.

Mereka sebenarnya bukanlah menghindar melainkan berlindung pada beberapa alasan misalnya : “untuk apa cape-cape, yang lain juga masih sama dengan saya, belum sempat, susah, repot banyak pekerjaan lain dan berat bawa-bawa alat ke kelas, belum punya alatnya, saya sih sudah tua biarkan saja TIK itu untuk guru-guru yang muda,  dengan cara biasapun anak didik dapat memahami materi ajar saya” dan sebagainya.

Sebenarnya semua guru ingin sekali mengemas materi ajar di kelas dengan TIK, puas rasanya jika anak didik  mereka menguasai materi ajar karena terbantukan oleh media yang guru tersebut buat sendiri. Lalu mengapa sebagian guru-guru di Indonesia berjamaah mengaminkan alasan klasik tersebut? Dan mengapa juga sebagian besar mereka setuju bahwa pembelajaran di kelas berbasis TIK lebih menyenangkan dan lebih efektif?

Bayangkanlah… di sekolah kita ada jaringan wirles internet, dan setiap kelompok siswa ada tersedia netbook/notebook, guru masuk kelas lalu berkata: “ Materi diskusi kita hari ini bukalah situs http:// ? silakan download atau copy paste pada office word, diskusikan oleh kelompokmu, buatkan ringkasan materinya, tampilkan dalam bentuk power point, lengkapi dengan gambar, animasi menurut kreativitasmu, kirimlah hasil kerja kelompok ke e-mail kelompok lain untuk dibuatkan kritik dan saran perbaikan, kirimlah ke e-mail guru mata pelajaran lalu presentasikan di depan kelas (Di kelas terbagi 6 kelompok setiap kelompok terdiri dari 6 orang dan setiap kelompok harus punya alamat e-mail masing-masing).

Alangkah hidupnya kelas tersebut, pada proses tersebut siswa bukan diajarkan TIK namun siswa belajarnya menggunakan TIK, jika kegiatan ini dilakukan terus menerus pada setiap mata pelajaran, Insya Allah percepatan ke arah PAKEMATIK (Pembelajaran aktif, kreatif, menyenangkan berbasis TIK) akan menjadi kenyataan,  setiap kelompok akan berusaha menjadi lebih baik dari kelompok lainnya. Pada dasarnya manusia itu akan berlaga seoptimal mungkin/ mempertahankan nama baiknya jika ada saingannya (Dale Carnegie dalam buku cara mencari kawan dan mempengaruhi orang lain).

Jika ingin mengubah suasana kelas  mejadi kelas PAKEMATIK, ada banyak hal yang harus kita kuasai manakala terjadi kebuntuan di depan kelas misalnya: Laptop dan LCD Proyektor belum connect, penanganan file power point, excel, Ms Word, PDF, music,Vdeo, Flash dsb. Kita perlu mendalami : Office word, excel, power point, cara copy paste dari folder ke folder, dari file ke file lainnya, dari flashdisk ke folder atau sebaliknya, burning file ke CD, DVD, bikin label CD dengan nero, edit video dan edit music dengan ulied video studio, edit PDF dengan solid converter, edit slide show dengan proshow-gold, bikin animasi sederhana dengan swish max /flash mx, edit foto dengan photoscape, Fotoshop, image tunner dsb.

Dianjurkan oleh guru  dari negeri antahbrantah, sebaiknya guru mampu mengoperasikan : kamera digital, handycam, Laptop, card reader, hardisk eksternal, plashdisk, kumpulan software edit foto, video, music, converter, modem internet, punya e-mail, punya blog menarik, aktif di twiter/ facebook, sering internetan, presentasi, sering beli buku-buku TIK, beli CD tutorial, berburu software, sering mengunjungi blog orang lain, pernah ikut lomba inovasi guru meski tidak juara, sering membawa laptop dan LCD proyektor di kelas , membuat RPP berbasis TIK, saling mengajarkan teman, saling memotivasi teman, mendiskusikan dengan teman jika ada info baru tentang TIK serta memotivasi anak didik untuk melakukan hal yang sama dan kemauan yang keras untuk menguasai TIK, Insya Allah ada jalan.

2 Balasan ke Renungan

  1. Valldyarco berkata:

    Ass.wr.wb ,, Pak, kunjungi juga blog saya ya …😀 hehehe .. Valldyarco’s Blog

Tuliskan Komentar anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s